Senin, 06 Februari 2012

Instalasi Perangkat Keras Jaringan

       


        Instalasi kabel jaringan merupakan pekerjaan yang paling melelehkan dari seluruh rangkaian proses instalasi jaringan . Instalasi kabel jaringan sangat menentukan lancar tidaknya proses instalasi kaberl jaringan secara keseluruhan . Oleh sebab itu dalam proses instalasi kabel jaringan ini ada beberapa tahap yang harus diperhatikan .Tahap – tahap tersebut adalah:
1. Tahap Survai atau Pengamatan;Pada tahapan ini dilakukan pengamatan pada lokal atau tempat yang akan dibangun jaringan . Dari hasil pengamatan ini akan akan diperoleh data yang bisa digunakan untuk menentukan bentuk dan instalasi fisik jaringan serta kebutuhan perangkat jaringan yang akan digunakan.
2.Tahap instalasi ;Tahap ini merupakan pekerjaan pokok dari proses instalasi jaringan jaringan . Pada tahap ini dilakukan pekerjaan -pekerjaan pemasangan atau instalasi perangkat-perangkat yang digunakan dalam jaringan.
3. Tahap pengujian Jaringan ;Pada tahap ini dilakukan pengujian terhadap konektivitas jaringan . Pada tahap ini pengujian terhadap konektivitas jaringan.Pada tahap ini pula diperiksa kemungkinan terdapatnya instalasi yang kurang sempurna .
4. Tahap Dokumentasi; yaitu tahap pendataan atau inventarisasi perangkat-perangkat jaringan yang terpasang dan tersusun atau jalur instalasi yang ada.
Dalam pelaksanaan taha-tahap instalasi si atas perlu di perhatikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Carilah jalur terdekat untuk instalasi kabel. Pada prinsipnya semakin pendek kabel yang dipergunakan maka jaringan akan semakin efektif.Sebagfaimana diuraikan sebelumnya bahwa pengunaan kabel jaringan pun di pengaruhi oleh panjang maksimal kabel yang di perkenankan .
2. Hindari tempat-tempat yang bisa mempengaruhi konisi atau proses tranmisi data seperti daerah tegangan tinggi dimana terdapat medan lisatrik ytang cukup tinggi ;kemudian tempat-tempat yang memiliki suhu yang cukup tinggi ,terlebih apabila dengan resiko terbakar.
3. Tempatkan perangkat -perangkat jaringan pada tempat-tempat yang aman (terlindungi) terutama dari kemungkinan gangguan fisik ,seperti kemungkinan tertimpa benda keras atau gangguan dari orang yang tidak bertanggung jawab.
4. Lakukan dokumentasi selengkap mungkin sesuai dengan kondisi yang ada.
5. Upayakan untuk mempertimbangkan faktor estetika (keindahan dan kerapian) dalam instalasi jaringan.
referensi:
http://suratmanachmad.wordpress.com/2010/04/11/instalasi-perangkat-keras/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar